Skip to main content

Hari Pertama Anak Sekolah

 Image result for anak sekolah pertama
Hari-hari pertama anak masuk sekolah adalah hari yang sangat dinantikan baik oleh anak maupun oleh orang tua. Konsentrasi orang tua bukan saja hanya menyiapkan kebutuhan fisik dan perlengkapan belajar anak, yang tak kalah penting adalah kesiapan mental orang tua dan anak dalam menjalani perubahan kebiasaan dalam rumah tangga. 

Anak-anak perlu mendapatkan pengalaman yang baik saat hari pertama mereka berada di sekolah. Terkadang hal ini pun akan membuat orangtua, khususnya ibu akan sedikit cemas mengenai kesiapan anak. Ini adalah hal yang wajar, karena hari-hari anak yang biasanya menghabiskan waktu bersama orang tua di rumah, kini mereka harus berada di sekolah bersama orang-orang baru. Banyak hal yang membuatnya penasaran namun juga takut akan dunia baru tersebut. Ada anak yang senang hingga tak sabar menyambut hari pertama sekolah dan ada pula yang ketakutan hingga tak mau berangkat. . 


Related image

Sebelum memutuskan pilihan sekolah, orang tua sebaikanya memanfaatkan fasilitas free trial class. yang disediakan. Free trial class adalah kesempatan yang diberikan kepada calon siswa untuk mengikuti kegiatan pembelajaran di sebuah sekolah, sebagai uji coba. Biarkan anak-anak menikmati kelas gratis tersebut, sehingga mereka bisa merasakan betapa nikmatnya bersekolah dan punya banyak teman belajar. Bila anak tidak mendapatkan kesempatan untuk mengikuti kelas gratis, orang tua bisa mengajak anak untuk berjalan-jalan mengelilingi sekolah atau sarana bermain di sekolah tersebut. tersebut. Amati jadwal kegiatan, tempat duduk, ruangan kelas, keamanan, dan fasilitas lainnya. Biarkan anak-anak mengenal sekolah tempat dia akan belajar.

Sebelum melepas anak belajar di sekolah, alangkah baiknya orang tua mempersiapkan anak untuk siap mandiri dengan mempelajari beberapa hal misalnya cara mengancingkan baju, memasukkan buku ke dalam tas, memakai topi, merapikan baju, dan hal-hal sederhana lainnya. Hal ini sangat penting, agar anak tidak merasa malu saat mereka tidak mampu melakukan suatu aktivitas tertentu. Anak-anak yang sudah bisa melakukan segala sesuatu secara mandiri, biasanya akan terlihat lebih percaya diri. Diharapkan saat mereka sudah berada di sekolah, mereka tidak perlu meminta tolong kepada guru dan temannnya.

Image result for anak membereskan mainan
 
Di rumah, anak sering asyik bermain dengan mainannya. Setelah mereka bosan bermain, anak-anak sering meninggalkan mainan begitu saja. Sebagai bentuk latihan tanggung jawab, orang tua perlu sering-sering mengingatkan buah hatinya agar membereskan mainan setelah selesai memainkannya. Anak-anak yang memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi, akan lebih dikagumi teman-temannya, dan bahkan mereka bisa menjadi teladan bagi teman-temannya. Tentu saja ini akan menjadi hal yang membanggakan, tidak hanya bagi orang tua dan guru, namun juga bagi sang anak sendiri. Selain itu, Ketika anak-anak bermain dengan teman-temannya, anak akan lebih mudah untuk mengetahui apa yang boleh dan tidak boleh ia lakukan. Dan meskipun ia melakukan hal tersebut, maka si anak akan dapat bertanggung jawab atas apa yang ia lakukan. Sampaikan pada anak tentang orang-orang hebat dan terkenal atau tokoh-tokoh dalam film kesukaanya, bahwa mereka bisa menjadi orang hebat dapat menjadi contoh karena mereka mau sekolah hingga ke jenjang yang lebih tinggi, tentu saja dengan gaya bahasa anak-anak.
 
Bagi anak yang baru memasuki tahapan awal sekolah, sosok guru bisa menjadi seorang sosok yang asing, dan bahkan menyeramkan. Maka orang tua perlu mengajak anak berkenalan dengan gurunya. Tidak hanya menyebutkan namanya saja, ajak anak untuk mengobrol singkat dengan guru. Atau orang tua juga bisa mengajak anak bermain bersama guru, dan tentu saja ditemani oleh orang tua.

Satu hal yang sangat penting dan tak boleh dilupakan adalah memberi anak semangat. Selain membangun rasa percaya dirinya, memberi semangat anak bahwa tidak ada yang perlu dirisaukan di hari pertama sekolah. Jika perlu, bekali anak dengan makanan kesukaan  di hari pertama sekolah. atau janjikan untuk memberikan kejutan sepulang anak sekolah sebagai hadiah di hari pertama sekolah. 
 
 
 
(Dari berbagai sumber)

Comments