Skip to main content

Asam Folat untuk Ibu Hamil

Image result for maternity

Asam folat adalah bentuk vitamin B kompleks yang larut dalam air. Zat ini diperlukan dalam pembangunan tubuh karena bersifat multifungsi, mulai dari membantu proses produksi DNA hingga pembentukan sel darah merah. 
 
Beberapa manfaat asam folat antara lain:
  • Proses pembentukan sel-sel tubuh berjalan dengan baik
    Asam folat berkolaborasi dengan vitamin B12 dan vitamin C untuk membantu tubuh dalam memecah, menggunakan, sekaligus membentuk protein baru. Senyawa  protein ini akan membantu pembentukan sel darah merah dan memproduksi DNA, membangun fondasi dasar tubuh yang membawa informasi genetik seseorang.
  • Terhindar dari anemia
    Salah satu fungsi asam folat adalah membentuk sel darah merah. Tanpa asam folat yang cukup, maka produksi sel darah merah akan selalu di bawah normal sehingga Anda mudah mengidap anemia.
  • Mencegah bayi lahir cacat
    Pembentukan saraf pusat sudah terjadi sejak awal janin tumbuh dalam kandungan. Asam folat sangat berperan dalam mencegah terjadinya kecacatan pada otak dan saraf, seperti anensefali atau spina bifida. Nutrisi ini juga berperan penting dalam pembentukan, perbaikan, dan fungsi DNA, yang akan memengaruhi pertumbuhan plasenta dan perkembangan janin.
Bagi ibu hamil muda di anjurkan untuk selalu makan makanan yang banyak mengandung Vitamin B9 atau Asam Folat, suatu unsur yang dapat membantu perkembangan janin menjadi lebih sempurna dan lebih sehat. Usahakan untuk dapat mengkonsumsi dua porsi buah perhari sebagai snack pagi hari dan snack sore hari



Image result for fruit

Berikut ini merupakan buah-buahan yang banyak mengandung asam folat yang wajib dikonsumsi ibu selama hamil, khususnya diusia kehamilan yang masih muda.

Pepaya 
Jangan anggap sepele dengan buah pepaya, karena ternyata pepaya sangat dianjurkan untuk di konsumsi oleh Ibu Hamil, dikarenakan selain kandungan seratnya yang tinggi juga banyak mengandung Asam folat yang dibutuhkan selama perkembangan janin. Kandungan Asam Folat pada Pepaya (38 mcg/ 100 gram, 10 % AKG)

Jeruk
Jeruk memilik banyak varian dan harganya pun relatif terjangkau. Buah jeruk diketahui mengandung Asam Folat 30 mcg/ 100 gram, 8 % AKG.

Pisang 
Pisang juga banyak mengandung asam folat sehingga ibu hamil juga bisa mengkonsumsi pisang selama mengandung, terutama ketika hamil muda. Namun jangan berlebihan jika anda sedang mengalami mual akibat kehamilan atau mempunyai sakit maag. Kandungan Asam Folat pada pisang 20 mcg/ 100 gram, 5 % AKG.

Tomat
Tomat dikenal sebagai buah yang dapat mencegah terjadinya kanker. Tomat juga baik untuk di konsumsi Wanita yang sedang hamil, karena kandungan Asam Folat yang ada di dalamnya dapat membantu proses perkembangan sel-sel baru pada janin. Kandungan asal folat pada Tomat yaitu 22.3 mcg/ 100 gram, 6 % AKG.

Alpukat
Alpukat merupakan buah yang paling banyak disukai ibu hamil, karena memiliki rasa yang gurih. Buah Alpukat juga sangat dianjurkan untuk dikonsumsi ibu yang sedang mengandung, karena kaya akan asam lemak esensial dan kandungan Asam Folatnya mencapai  20 mcg/ 100 gram, 5 % AKG anda bisa menkonsumsinya dengan cara di buat Jus. 

Strawberry 
Buah Stawberry sangat baik untuk dikonsumsi ibu hamil muda karena selain banyak mengandung Vitamin A, Kalsium, Kalium juga banyak mengandung Asam Folat yang dibutuhkan selama proses kehamilan. Kandungan Asam Folat yang terdapat pada buah Strawberry yaitu 24 mcg/ 100 gram, 6 % AKG.

Pada dasarnya semua buah sangat baik untuk dikonsumsi selama kehamilan, kecuali buah durian. Dengan mengkonsumsi buah-buahan maka nutrisi yang dibutuhkan kandungan dan ibu hamil dapat tercukupi dengan baik. Disamping mengkonsumsi buah, ibu hamil juga harus mengkonsumsi sayur-sayuran seperti bayam, kacang-kacangan,brokoli, kubis, seledri dan jagung.




(Dari berbagai sumber)

Comments