Skip to main content

Nyeri Gigi Itu Menyakitkan

https://www.dentalstudio.nz/sites/default/files/tooth-pain.jpg 

Sakit gigi memang menyakitkan. Bukan saja nyerinya yang membuat kita tak tahan, tapi juga karena kita jadi sulit untuk mengkonsumsi makanan apalagi bereksperimen dengan makanan dingin atau panas. Sulit mengutarakan rasa nyeri yang timbul, karena nyeri akibat gangguan pada gigi bisa bersifat nyeri yang khas ataupun nyeri yang tidak khas. Yang dimaksud nyeri yang khas yaitu apabila nyeri disertai pembengkakan gusi, nyeri saat mengunyah atau bahkan nyeri bila mengkonsumsi makanan dingin. Nyeri yang tidak khas contohnya adalah nyeri kepala berulang atau nyeri leher berulang yang timbul sebagai akibat kelainan posisi gigi geraham belakang.

Bagaimana sakit gigi bisa terjadi ?
Gigi dan struktur penunjangnya telah diciptakan oleh Allah SWT dengan segala kesempurnaannya. Dampak dari penggunaan dan perawatan gigi yang tidak tepat akan mengakibatkan sejumlah gangguan mulai dari kerusakan permukaan gigi dan gusi hingga infeksi di dalam rongga gigi.

Nyeri gigi adalah kondisi ketika muncul nyeri pada gigi, gusi atau rahang dan struktur sekitarnya yang dapat bervariasi mulai dari nyeri yang ringan hingga nyeri yang berat. Nyeri gigi ini muncul akibat iritasi pada pulpa. Pulpa adalah lapisan terdalam pada gigi yang mengandung pembuluh darah dan saraf. Berbagai penyebab iritasi pada saraf yang terdapat pada pulpa adalah pembusukan bagian dalam gigi, adanya penumpukan nanah akibat infeksi sekitar pulpa, gusi yang menyusut, adanya retakan pada gigi dan tambalan yang rusak.

Nyeri pada gigi dan rahang juga bisa muncul akibat kelainan diluar gigi seperti kelainan katup lambung (GERD), peradangan pada sinus (sinusitis) dan peradangan pada sendi tulang rahang.

Mengatasi nyeri gigi di fase awal 
Berbagai pilihan untuk mengatasi sakit gigi pasti pernah anda dengar. Pilihan yang paling tepat tentu saja mengunjungi dokter gigi untuk mengetahui penyebab nyeri sehingga pengobatan dan penanganan nyerinya akan sesuai dengan kondisi penyakit. Namun ada beberapa hal yang terkadang membuat kita menunda ke dokter gigi misalnya adanya rasa takut, khawatir bila nanti bayarnya mahal, cemas bila harus disuntik dan berbagai macam alasan lainnya. 

Berbagai variasi dari nyeri gigi dapat terjadi misalnya apakah nyerinya hanya pada saat makan dan minum panas atau dingin, nyeri hanya pada saat menggigit, nyeri disertai pembengkakan gusi atau wajah dan nyeri yang menjalar ke wajah dan kepala. Dan ini semua memerlukan penanganan yang berbeda-beda

Pada prinsipnya mengurangi nyeri gigi adalah dengan mengatasi inflamasi/peradangan yang sedang terjadi. Pilihan antiperadangan mulai dari yang tradisional sampai obat-obatan dapat digunakan tentu saja secara proporsional agar tidak menumbulkan efek samping
Image result for salt gargle


Kumur Air Garam
Berkumur air garam sudah diajarkan nenek moyang kita sejak dahulu, baik itu untuk menghilangkan bau mulut maupun untuk mengurangi sakit pada gigi. Air garam memiliki kandungan mineral seperti yodium, flour, natrium, fosfor, cobalt, kalsium, kalium, sulfur, seng, magnesium, mangaan dan tembaga. Mineral tersebut memiliki efek yang diyakini sebagai anti peradangan sehingga akan mengurangi nyeri yang timbul. Selain itu karena sifatnya yang dapat menarik cairan, kumur air garam juga dapat mengurangi pembengkakan pada gusi.

Untuk penggunaan air garam dianjurkan menggunakan satu sendok teh garam dengan air matang hangat 250 cc (dikumur selama 1-2 menit lalu dibuang) sesaat sesudah makan dan sebelum tidur. Tidak dianjurkan untuk berkumur secara berlebihan karena akan mengakibatkan keringnya rongga mulut dan dapat mengakibatkan bibir terkelupas.


Image result for type of toothache

Kunyah Bawang Putih
Banyak penelitian yang telah menyatakan bahwa bawang putih memiliki efek anti peradangan yang bagus. Kandungan Allicin dan minyak atsiri dalam bawang putih telah banyak diteliti terkait fungsinya sebagai antibiotik maupun antiperadangan. Mengunyah bawang putih pada beberapa kasus dapat mengurangi nyeri gigi dan pembengkakan gusi.

Obat Kumur
Obat kumur pada umumnya adalah antiseptik yang dapat mengurangi resiko infeksi pada gigi dan gusi. Namun ada juga obat kumur yang dapat mengatasi nyeri pada gigi dan gusi, yaitu obat kumur yang mengandung hyaluronate.





(Dari berbagai sumber)

Comments