Skip to main content

Kenapa Perlu Medical Check Up Pra-Nikah

Related image

Menikah tidak hanya mempersiapkan pesta yang meriah, tapi juga harus mempersiapkan kesehatan diri dan pasangan untuk mendapatkan kebahagiaan jasmani dan rohani. Bagi anda yang akan segera menikah dan memiliki program untuk segera memiliki anak setelahnya, sebaiknya jangan mengabaikan Medical Check-up Pranikah (Pre-marital Check-Up/PMC). 

Medical Check-up Pranikah adalah serangkaian uji kesehatan berupa pemeriksaan kesehatan yang dilakukan oleh pasangan yang akan segera menikah. Hal ini dilakukan untuk menguji apakah terdapat penyakit genetik yang dapat diturunkan dan apakah ada penyakit infeksi yang beresiko menular kepada pasangan, serta adakah penyakit yang beresiko untuk calon anak di kemudian hari. Dengan mengetahui kondisi kesehatan pasangan sejak dini, maka kita bisa merencanakan kesehatan keluarga dengan jauh lebih baik, dan juga dapat melakukan tindakan pengobatan dan pencegahan penularan penyakit, sebelum kelak memiliki anak. 

Medical Check-up Pranikah sangat penting bagi calon pasangan muda dalam mengidentifikasi masalah kesehatan dan risikonya untuk anak di kemudian hari. Untuk dapat hamil dan sampai melahirkan anak, perempuan harus berada dalam kondisi kesehatan yang prima dan optimal. Ini akan meningkatkan peluang calon pasangan untuk memiliki anak atau keturunan yang sehat. Berikut ini merupakan beberapa manfaat penting dari Medical Check-up Pranikah :
  • Untuk mengetahui status kesehatan dan status gizi terkini  
  • Untuk mendeteksi penyakit menular seperti hepatitis B, hepatitis C, infeksi HIV dan TBC 
  • Untuk mendeteksi adanya resiko penyakit/ kelainan genetik seperti anemia, thalassemia, hemofilia dan kelainan metabolisme bawaan
Semua pasangan yang akan menikah atau telah menikah dan sedang berencana untuk mempunyai anak, tentu perlu untuk melakukan tes ini. Terlebih lagi, jika salah satu pasangan mempunyai penyakit keturunan terkait genetik atau mempunyai riwayat penyakit infeksi dan menular. Tidak hanya untuk perempuan yang akan menjadi calon ibu yang perlu melakukan Medical Check-up Pranikah ini, tapi juga para pria perlu melakukan hal ini.

Medical Check-up Pranikah bisa dilakukan bersama pasangan enam bulan sebelum sebelum menikah atau sesaat setelah menikah atau ketika sudah memiliki rencana untuk memiliki anak. Sebelum memutuskan untuk melakukan Medical Check-up Pranikah, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter langganan yang tentu lebih mengetahui riwayat kesehatan anda. Biaya Medical Check-up Pranikah sangat bervariasi tergantung prioritas dan cakupan pemeriksaan, pada umumnya berkisar antara satu juta rupiah per orang.



(Dari berbagai sumber)

Comments